Ubiquitous computing (ubicomp) adalah pasca-desktop
model interaksi manusia-komputer dalam pengolahan informasi yang telah
sepenuhnya terintegrasi ke dalam objek dan aktivitas sehari-hari. Dalam rangka
kegiatan biasa, seseorang "menggunakan" komputasi di mana-mana
melibatkan banyak perangkat komputasi dan sistem secara bersamaan, dan mungkin
tidak selalu bahkan menyadari bahwa mereka melakukannya. Model ini biasanya
dianggap sebagai kemajuan dari paradigma desktop.
Paradigma ini juga digambarkan sebagai merasuk
komputasi, ambien intelijen. Ketika terutama mengenai obyek yang terlibat, juga
fisik komputasi, yang Internet of Things, haptic komputasi, dan hal-hal yang
berpikir. Alih-alih mengusulkan definisi yang tunggal untuk komputasi di
mana-mana dan untuk istilah yang terkait ini, sebuah taksonomi properti untuk
komputasi di mana-mana telah diusulkan, dari yang berbeda jenis atau rasa dari
mana-mana sistem dan aplikasi dapat digambarkan
Di mana-mana nama komputasi gelombang ketiga di
bidang komputer, baru saja mulai. Pertama adalah mainframe, masing-masing
dimiliki oleh banyak orang. Sekarang kita berada di era komputasi pribadi,
orang dan mesin menatap saling gelisah di desktop. Berikutnya datang di
mana-mana komputasi, atau usia teknologi tenang, ketika teknologi surut ke
latar belakang kehidupan kita. Alan Kay dari Apple menyebutnya "Ketiga
Paradigma" komputasi.
Mark Weiser adalah ayah dari komputasi mana-mana;
nya halaman web berisi link ke banyak makalah mengenai topik ini.
Dua surat baru-baru ini mengungkapkan unsur-unsur
komputasi di mana-mana filsafat: "Open House" (juga dalam MS Word
versi), dan "Tenang Merancang Technology"
Cara Konsep
Pada intinya, semua model dari komputasi dimana-mana
(juga disebut meresap komputasi) berbagi visi kecil, murah, perangkat
pengolahan jaringan yang kuat, didistribusikan di semua skala sepanjang
kehidupan sehari-hari dan biasanya berpaling pada tempat umum yang berakhir
jelas. Sebagai contoh, sebuah lingkungan komputasi di mana-mana domestik bisa
interkoneksi kontrol pencahayaan dan lingkungan dengan monitor biometrik
pribadi ditenun menjadi pakaian sehingga kondisi pencahayaan dan pemanas di
dalam ruangan bisa diatur, terus-menerus dan tak kentara. Skenario umum
berpendapat lain lemari pendingin "sadar" mereka yang ditandai sesuai
isi, mampu baik merencanakan berbagai menu dari makanan benar-benar di tangan,
dan memperingatkan pengguna makanan basi atau rusak.
Komputasi di mana-mana menyajikan tantangan di ilmu
komputer: dalam sistem desain dan rekayasa, dalam sistem pemodelan, dan desain
antarmuka pengguna. Kontemporer interaksi manusia-komputer model, apakah
baris-perintah, menu-driven, atau GUI-based, yang tidak sesuai dan tidak
memadai untuk kasus di mana-mana. Ini menunjukkan bahwa "alam"
paradigma interaksi yang sepenuhnya sesuai dengan mana-mana komputasi yang kuat
belum muncul - walaupun ada juga pengakuan di lapangan bahwa dalam banyak hal
kita sudah hidup di dunia ubicomp. Kontemporer meminjamkan beberapa perangkat
yang mendukung ide terakhir ini termasuk ponsel, digital audio player, radio
frequency identification tag, GPS, dan papan tulis interaktif.
Mark Weiser mengusulkan tiga bentuk dasar untuk
sistem di mana-mana perangkat, lihat juga perangkat Smart: tab, bantalan dan
papan.
• Tabs: dpt dipakai perangkat berukuran sentimeter
• Bantalan: genggam perangkat berukuran desimeter
• Boards: meter ukuran layar perangkat interaktif.
Bentuk ketiga yang diajukan oleh Weiser disifatkan
dengan menjadi makro-ukuran, memiliki bentuk planar dan menggabungkan keluaran
visual display. Jika kita santai masing-masing dari tiga karakteristik ini kita
dapat memperluas rentang ini menjadi jauh lebih beragam dan berpotensi lebih
bermanfaat Ubiquitous Computing berbagai perangkat. Oleh karena itu, tiga
bentuk tambahan untuk sistem di mana-mana telah diajukan:
• Debu: miniaturised perangkat dapat tanpa
menampilkan output visual, misalnya, Micro Electro-Mechanical Systems (MEMS),
mulai dari nanometer melalui mikrometer untuk milimeter. See also Smart dust .
Lihat juga Smart debu.
• Kulit: kain berdasarkan memancarkan cahaya dan
konduktif polimer, perangkat komputer organik, dapat dibentuk menjadi lebih
fleksibel non-planar permukaan dan menampilkan produk-produk seperti pakaian
dan gorden, melihat layar OLED. Perangkat MEMS juga dapat dicat ke berbagai
permukaan, sehingga berbagai struktur dunia fisik dapat bertindak sebagai
permukaan jaringan MEMS.
• Clay: ansambel dari MEMS dapat dibentuk menjadi
sewenang-wenang bentuk tiga dimensi sebagai artefak yang menyerupai berbagai
macam objek fisik (lihat juga Berwujud antarmuka).
Dalam bukunya The Rise of the Network Society,
Manuel Castells mengatakan bahwa ada pergeseran dari yang sedang berlangsung
sudah-desentralisasi, yang berdiri sendiri mikrokomputer dan mainframe menuju
komputasi sepenuhnya meresap. Dalam model sistem komputasi yang merasuk,
Castells contoh menggunakan Internet sebagai awal dari sebuah sistem komputasi
merasuk. Progresi logis dari paradigma adalah suatu sistem dimana logika
menjadi jaringan yang berlaku di setiap bidang kegiatan sehari-hari, di setiap
lokasi dan setiap konteks. Castells membayangkan sebuah sistem di mana miliaran
miniatur, di mana-mana komunikasi antar perangkat akan tersebar di seluruh
dunia, "seperti pigmen dalam cat tembok".
Sejarah
Mark Weiser menciptakan istilah "komputasi
dimana-mana" sekitar tahun 1988, selama masa jabatannya sebagai Chief
Technologist dari Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Baik sendiri maupun
dengan PARC Direktur dan Chief Scientist John Seely Brown, Weiser menulis
beberapa makalah yang paling awal tentang masalah ini, sebagian besar
menentukan dan membuat sketsa keprihatinan utamanya.
Menyadari bahwa kekuatan pemrosesan perpanjangan ke
skenario sehari-hari akan memerlukan pemahaman sosial, budaya dan di luar
fenomena psikologis yang tepat ambit, Weiser dipengaruhi oleh banyak bidang
ilmu komputer di luar, termasuk "filsafat, fenomenologi, antropologi,
psikologi, pasca-Modernisme, sosiologi ilmu pengetahuan dan kritik feminis. Dia
eksplisit tentang "asal-usul humanistik 'tak terlihat ideal pasca-pikir
modernis'", [6] referensi yang ironisnya juga dystopian Philip K. Dick
novel Ubik.
MIT telah juga memberikan kontribusi signifikan
penelitian di bidang ini, terutama Hiroshi Ishii's Things That Think konsorsium
di Media Lab [7] dan upaya CSAIL dikenal sebagai Project Oksigen. [8]
kontributor utama lainnya termasuk Georgia Tech's College of Computing, NYU ' s
Program Telekomunikasi Interaktif, UC Irvine 's Departemen Informatika,
Microsoft Research, Intel Penelitian dan Khatulistiwa, Ajou Universitas UCRi
& cus.
Contoh
Salah satu yang paling awal adalah sistem mana-mana
artis Natalie Jeremijenko 's "Live Wire", juga dikenal sebagai
"bergelantungan String," diinstal di Xerox PARC selama Mark Weiser's
waktu di sana. Ini adalah seutas tali yang melekat pada sebuah motor langkah
dan dikendalikan oleh suatu LAN sambungan; aktivitas jaringan menyebabkan
string berkedut, menghasilkan terlihat indikasi peripherally lalu lintas.
Weiser menyebut contoh teknologi tenang
Ambient Devices telah menghasilkan sebuah
"bola", sebuah "dashboard", dan "cuaca beacon":
perangkat dekoratif ini menerima data dari jaringan nirkabel dan melaporkan
peristiwa terkini, seperti harga saham dan cuaca, seperti Nabaztag dihasilkan
oleh Violet.
Mobile Computing
Mobile computing adalah suatu istilah umum yang
menggambarkan kemampuan seseorang untuk menggunakan teknologi saat bergerak,
sebagai lawan dari komputer portabel, yang hanya praktis untuk digunakan ketika
ditempatkan dalam konfigurasi stasioner.
Telxon PTC-710 adalah 16-bit komputer mobile PTC-710
dengan mikro 830-42 MP printer versi 42-kolom. Itu diproduksi oleh perusahaan
Telxon sejak awal 1990-an. Satu ini digunakan misalnya sebagai portabel mesin
tiket oleh Ceko Kereta Api (České dráhy) di tahun 1990-an.
Banyak jenis komputer mobile telah diperkenalkan
sejak tahun 1990-an, termasuk:
• Wearable computer Wearable komputer
• Personal digital assistant / Enterprise digital
assistant Personal Digital Assistant / Enterprise Digital Assistant
• Smartphone Smartphone
• Carputer Carputer
• Ultra-Mobile PC Ultra Mobile PC
Cukup bandwidth
Mobile internet umumnya lebih lambat dibandingkan
koneksi kabel langsung, dengan menggunakan teknologi seperti GPRS dan EDGE, dan
lebih baru-baru ini 3G jaringan. Jaringan ini biasanya tersedia dalam jangkauan
menara ponsel komersial. Kecepatan yang lebih tinggi LAN nirkabel murah, tetapi
memiliki jangkauan sangat terbatas.
Standar keamanan
Ketika bekerja mobile yang bergantung pada jaringan
publik, berhati-hati membutuhkan penggunaan VPN.
Power konsumsi
Ketika outlet listrik atau portabel generator tidak
tersedia, komputer mobile harus bergantung sepenuhnya pada daya baterai.
Digabungkan dengan ukuran kompak banyak perangkat mobile, seringkali ini
berarti sangat mahal baterai harus digunakan untuk memperoleh hidup baterai
yang diperlukan.
Transmisi interferensi
Cuaca, dataran, dan jangkauan sinyal dari titik
terdekat semua bisa mengganggu sinyal. Penerimaan dalam terowongan, beberapa
bangunan, dan daerah pedesaan seringkali miskin.
Potensi bahaya kesehatan
Lebih banyak kecelakaan mobil terkait dengan
pengemudi yang sedang berbicara melalui perangkat mobile. Ponsel dapat
mengganggu perangkat medis yang sensitifAda tuduhan bahwa sinyal ponsel dapat
menyebabkan masalah kesehatan.
Perangkat antarmuka manusia dengan
Layar dan keyboard cenderung kecil, yang dapat
membuat mereka lebih sulit digunakan. Metode input alternatif seperti pidato
atau membutuhkan pelatihan pengenalan tulisan tangan.
1. GH Forman, J Zahorjan - Komputer, 1994 -
doi.ieeecomputersociety.org
2. David P. Helmbold, "Sebuah disk dinamis
teknik spin-down untuk mobile computing", citeseer.ist.psu.edu, 1996
3. MH Repacholi, "risiko kesehatan dari
penggunaan ponsel", Toxicology Letters, 2001 - Elsevier
4. Landay, JA Kaufmann, TR, "isu-isu dalam
antarmuka pengguna komputer mobile", Workstation Operating System, 1993.
5. T Imielinski, BR Badrinath "komputasi
nirkabel bergerak, tantangan dalam pengelolaan data-Communications of the ACM,
1994 - portal.acm.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar